Thursday, March 31, 2011

evan helped me again .. TY :*



Kesuksesan Karena Mesin dan Semangatnya

(tab) Susanto, bapak yang akrab disapa dengan pak Acin, telah bergabung dengan seorang businessman di Batam membuka perusahaan bernama PT. CIN Engineering yang baru diresmikan tanggal 19 Maret 2011 yang lalu. Beliau menjadi Kepala mekanik di perusahaan yang menyediakan jual - beli forklift beserta mesin dan alat-alatnya, sewa dan menerima servis mesin Forklift.
(tab)Bapak yang sudah berumur 46 tahun ini hanya bermodalkan keahlian, keterampilan dan pengalaman. Bermula dari permasalahan ekonominya, beliau tidak dapat melanjutkan sekolahnya. Beliau terpaksa mencari pekerjaan di usianya yang masih sangat kecil. Pada umur 7 tahun, beliau mulai memasuki dunia bengkel memperhatikan mekanik mekanik yang bekerja pada mesinnya bukan karena ketertarikan awal, tetapi karena beliau tidak mempunyai pilihan lain. Beliau belajar secara autodidak selama 5 tahun, kemudian sudah mulai pandai dalam mengutak-atik mesin disaat beliau berumur 13 tahun dan bekerja di bengkel selama hampir 7 tahun di kampungnya, Selat Panjang. Setelah sempat menganggur selama 2 tahun, Beliau ikut berlayar mencoba bekerja sebagai oliman, alhasil ia diterima dan bekerja di dalam kapal yang menuju ke Penang- Malaysia, Batam lalu Selat Panjang. Karena bosan bekerja dan tinggal di Selat Panjang , akhirnya Beliau pindah ke Batam, yang kemudian bekerja di toko, lalu menjadi tukang fotokopi dan akhirnya kembali mengutak-atik mesin.
(tab) "Tidak ada dorongan dari orang tua karena sudah meninggal lama, semua ini kemampuan sendiri, semangat sendiri dan akhirnya timbul kecintaan terhadap bidang saya yang sekarang ini" ungkap ayahanda dari ke-tiga putri nya yang masih kecil. Beliau memiliki perjalanan karier yang tidak mudah dan penuh lika-liku tetapi tidak memutuskan semangatnya hingga mencapai kesuksesannya sekarang ini.
(tab) Berdasarkan pengalaman serta keterampilan kerja yang sudah lama dan tidak diragukan lagi, Pak Acin sudah sangat mengenal tipe-tipe mesin, cara kerja mesin serta perawatan-perawatannya terutama mesin forklift. "Kita harus sayang dan peduli terhadap mesin disekitar kita, karena kalau tidak ada mesin apa lah hidup kita sekarang ?" ungkap pak Acin yang sedang memperhatikan mesin Forkliftnya. Ada beberapa tips merawat mesin mobil atau Forklift dari pak Acin. Mesin harus dinyalakan setiap harinya, ganti oli dan air secara periodik dan yang paling penting adalah merawatnya . Merawat dalam arti menggunakan tidak overload dan lembut.







Narasumber
Nama : Susanto; Acin
TTL : Selat Panjang , 9 Desember 1964
Alamat Rumah: Batam , Bengkong Ratu Blok C, no.13
Alamat Kerja : Batam Eksekutive centre , Blok V no 7
No Hp : 08127037682
Jenis Kelamin : Laki-Laki

Jurnalis
Nama : kelly
Kelas : x.5
No. Absen : 23

0 comments: